Minggu, 02 Oktober 2011

APA ITU DESAIN GRAFIS.....???

share

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan banyak gambar dan beberapa tulisan sehingga pembaca dapat memahami apa yang disampaikan oleh pembuat desain tersebut  untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya topografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak

Secara pengertian awam, mungkin d Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi dalam mengkomunikasikan gagasan. Desainer bekerja dengan seperangkat ‘alat’ untuk menyampaikan pesan yang berasal dari sumber pesan atau client kepada audience. Beberapa perangkat yang digunakan antara lain gambar, ilustrasi, lukisan, photography, huruf, angka, grafik dan atau image yang telah di-generate oleh beberpa aplikasi komputer. Desainer membuat, memilih dan mengorganisasikan semuanya atau sebagian dari element dan perangkat tersebut ke dalam sebuah bidang yang dinamakan “white space” dan selanjutnya disampaikan kepada publik sebagai sebuah media komunikasi.

sedikit sejarah tentang desain grafis yaitu pada tahun :

1851
The Great Exhibition
Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.

1892
Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec
Pelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia. Walaupun lithography ditemukan di Austria oleh Alois Senefelder pada tahun 1796, Toulouse-Lautrec membantu tercapainya peleburan industri dan seni.

dalam pembuatannya banyak sekali cara atau Software yang beredar di sekitar kita, dari yang sangat familiar sampai yang sangat awam didengar oleh banyak masyarakat, saya akan memberikan beberapa contoh software yang bisa digunakan dalam pembuatan desain grafis ini :
  1. Adobe Photoshop
  2. Adobe Illustrator
  3. Adobe Indesign
  4. Page Maker
  5. Coreldraw
  6. GIMP
  7. Inkscape
  8. Adobe Freehand
  9. Adobe image ready
  10. CorelDraw 


Dibawah ini saya mencontohkan beberapa desain grafis :

Contoh desain grafis     

0 komentar:

Posting Komentar